Selamat Datang

Welcome to my blog

Mohon Do'a ya!

Yen wani ojo wedi-wedi, yen wedi ojo wani-wani

MAKALAH PROPOSAL USAHA TUGAS BUAT SMK SRAGI

Posted by Yusuf lubistoro (Brojogeni) on Tuesday, June 19, 2012


INGIN FILENYA?
DATANG AJA KE SOLNET! TENTUNYA LEBIH MURAH DARI WARNET MANAPUN

LOKASI
SEBELAH SELATAN MASJID AL-HUDA

Memperluas wawasan dapat dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan ilmiah. Misalnya seminar atau karya wisata. Sebelum melaksanakan suatu kegiatan, sbeaiknya membuat proposal terlebih dahulu.
Proposal adalah usulan untuk melakukan suatu kegiatan.
Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan. Ada beberapa hal yang biasanya di detailkan dalam proposal bisnis:
1. Penjabaran mendetail mengenai tujuan utama dari si penulis kepada pembacanya.
2. Penjabaran mendetail mengenai proses bagaimana mencapai tujuan si penulis kepada pembacanya.
3. Penjabaran mendetail mengenai hasil dari proses yang telah dijabarkan diatas sehingga mencapai tujuan yang diinginkan oleh si penulis dan juga si pembaca.
Dalam setiap usaha, apa pun jenisnya, tentu melibatkan modal. Modal ini dapat kita kumpulkan dari simpanan pribadi, meminjam dari bank atau lembaga pemberi pinjaman lain, atau patungan dengan partner. Jika kita berniat untuk meminjam ke bank atau pihak pemberi pinjaman, Anda tentu harus membuat proposal usaha. Proposal ini akan digunakan untuk memberi informasi menyeluruh tentang usaha yang ingin Anda jalankan. Orang biasanya berpikir, membuat proposal pasti sulit. Ternyata tidak juga. "Sebuah proposal yang baik adalah proposal yang mampu menjelaskan secara detail sebuah usaha. Tidak harus ribet. Bisa saja sebuah proposal hanya terdiri atas satu lembar kertas," ungkap Godo Tjahjono, SE, MSi, praktisi bisnis wirausaha.

Tidak semua orang tahu atau mengenal bidang usaha yang jadi minat Anda. Jadi buatlah penjelasan-penjelasan yang sederhana dan mudah dimengerti. Proposal usaha sebaiknya memuat tujuh hal berikut ini:

1. Gambaran usaha
Poin ini memuat penjelasan secara singkat mengenai usaha yang hendak Anda jalankan.

2. Pelaku usaha
Beri penjelasan tentang diri Anda. Masukkan latar belakang pendidikan atau pengalaman yang bisa menunjang pelaksanaan usaha. Pemberi pinjaman akan menganggap Anda adalah orang yang tepat.

3. Apa yang diusahakan
Poin ini menjelaskan apa yang menjadi fokus usaha Anda, apakah berbentuk barang atau jasa.  Beri tahu alasan pemilihan usaha tersebut. Akan lebih baik jika jenis usahanya memang sedang naik daun atau yang tak lekang dimakan waktu.

4. Target pelanggan
Poin ini menjabarkan siapa calon pelanggan potensial Anda, apakah mereka pegawai kantor, ibu rumah tangga, atau yang lainnya. Jelaskan mengapa Anda memilih mereka.

Sebaiknya Anda memiliki pemahaman yang mendalam soal ini karena hal tersebut akan sangat membantu aspek-aspek usaha yang lainnya. Anda jadi tahu bagaimana cara pemasaran dan promosi yang paling tepat untuk mereka. Tidak akan ada waktu, uang, dan tenaga yang terbuang percuma. Pihak yang memberi pinjaman akan melihat keseriusan Anda, dan menganggapnya sebuah kelebihan.

5. Lokasi
Ini adalah salah satu poin penting dalam proposal. Jelaskan mengapa Anda memilih suatu lokasi sebagai tempat menjalankan usaha. Sebaiknya Anda menyesuaikan lokasi ini dengan barang atau jasa yang ditawarkan serta calon pelanggan.

Kalau bergerak dalam bidang makanan, sangat tidak tepat rasanya bila lokasi yang dipilih adalah yang dekat dengan tempat pembuangan sampah. Bila menargetkan pelanggan dari kalangan menengah ke atas, jangan pilih lokasi yang dekat pabrik. Harus yang lebih nyaman dan berkelas.

Pemberi pinjaman akan datang untuk melihat langsung lokasi itu, dan melakukan penilaian. Jika usaha terletak di tempat yang kurang strategis, tapi masih dalam batas kewajaran, yakinkan pemberi usaha bahwa Anda bisa mengimbangi kekurangan ini dengan cara-cara lain. Bisa pelayanannya yang memuaskan, atau kualitas barang atau jasanya yang di atas rata-rata.

Segi pemasaran juga bisa dioptimalkan dengan menciptakan slogan yang menarik dan mudah diingat.

6. Jumlah pinjaman
Sebelumnya Anda harus sudah menghitung semua poin pengeluaran. Dalam proposal, cantumkan jumlah pinjaman yang sesuai dengan perhitungan yang Anda buat. Pihak bank akan menanyakan kemampuan Anda mengembalikan jumlah pinjaman itu. Berilah penjelasan yang masuk akal.

7. Arus kas
Arus kas (cash flow) adalah penjabaran rencana pemasukan dan pengeluaran usaha. Buatlah perhitungan secara rinci dan realistis. Jangan menetapkan target terlalu muluk di bulan-bulan awal karena usaha baru saja dimulai. Setelah beberapa waktu, baru Anda bisa menargetkan pemasukan yang jumlahnya stabil.

Panjangnya arus kas sebaiknya dibuat sesuai dengan lamanya waktu pinjaman yang disepakati. Bila pinjaman akan berlangsung selama dua tahun, aturlah arus kas selama dua tahun juga. Perinciannya dibagi dalam 24 bulan.

Satu prinsip yang perlu diingat para calon pebisnis, pemberi pinjaman biasanya tidak mau menanggung seluruh biaya yang kita butuhkan. "Mereka hanya mau memberi pinjaman sekian persen dari total. Mereka ingin kita juga berkontribusi," ungkap Godo.

Jadi, tunjukkan bahwa Anda juga memiliki tanggung jawab atas usaha Anda sendiri. Tidak masalah jika dana yang Anda miliki sedikit. Yang penting mereka melihat niat baik Anda untuk berusaha.
Ketika melakukan penyusunan proposal usaha, syarat utama harus dimiliki adalah memiliki informasi yang cukup tentang hal hal yang berkaitan dengan bidang yang sedang digarap. Informasi yang aftual dan fakta harus dimiliki agar didalam penyusunan proposal usaha tidak ketinggalan jaman. Penyusun proposal harus mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan pada bidang usaha yang akan atau sedang dijalankan. Disisi lain harus pula diketahui tentang titik kelemahan apa saja yang melingkari usaha tersebut. Unsur unsure kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman harus diperhatikan betul karena didalam praktiknya pasyilah dihadapi secara nyata.





Perhatikan petunjuk berikut ini ketika akan menuyusun sebuah proposal usaha:

a. Halaman depan
Dicantumkan nama dan alamat usaha serta nama orang yang paling bertanggung jawab pada bidang usaha tersebut.

b. Daftar isi
Berisi kerangko proposal usaha, dilengkapi halaman.

c. Penjelasan proposal
Berisi strategi perusahaan dan tim manajemen pengelola usaha daam upaya mengembangkan usaha

d. Pemasaran
Berisi penjelasan tentang pangsa pasa yang dituju, peluang pasar yang tersedia dan berbagai upaya dan strategi untuk mencapai target pemasaran pada waktu mendatang.

e. Produk yang dihasilkan
Pada bagian ini berisi penjelasan tentang kualitas barang atau jasa yang dijual, kuantitas, kegunaan, keistemawaan barang atau jasa yang dihasilkan.

f. Grafik peningkatan omzet
Dalam bagian ini djelaskan tentang teknik promosi yang akan dan telah dilakukan, tenaga penjualan, tempat-tempat untuk pemasaran produk.

g. Modal kerja
Berisi penjelasan tentang rencana masuknya sumber pendanaan bagi bergulirna roda usaha, neraca awal perusahaan, aliran kas dan segi pendapatan perusahaan.

h. Apendiks
Berisi segala keterangan yang diperlukan untuk melengkapi isi proposal seperti akte pendirian, SIUP, Amdal, Sertifikat usaha danl lainya.



PENDIRIAN USAHA WARNET
I.Pendahuluan
Sekarang zaman globalisasi menjadi semakin maju ini dan perekonomian Negara sangat jauh tertinggal. Sudah banyak perkembangan zaman yang harus kita ikuti. Salah satunya adalah mengoperasikan internet. internet sangat berguna bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat mengetahui dengan mudah perkembangan zaman dan dapat mempelajari sesuatu menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Maka dari itu untuk membantu masyarakat kami ingin membuka usaha warung internet ini di berbagai daerah. Kami dari lulusan IT computer gunadharma ingin mengaplikasikan apa yg telah kami pelajari selama ini di universitas gunadharma dengan menggabungkan kemampuan kami untuk membuka usaha yg dpat membantu masyarakat dan juga memperbaiki Negara kita ini dengan menggunakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berpengalaman dibidangnya masing – masing. Dengan ini maka kami ingin agar masyarakat dari pelajar hingga orang tua dapat mengoperasikan internet sehingga dapat menguntungkan diri sendiri dan orang lain, selain itu secara langsung juga dapat membantu perekonomian Negara.

II.Nama Usaha
Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “indo Net” dengan badan usaha berbentuk CV yang didaftarkan ke notaris sehingga memiliki badan hukum yang tetap.
III.Rencana Lokasi Usaha
Rencana lokasi usaha akan di tempatkan di daerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
1. Lokasi dekat dengan kawasan kantor dan pendidikan seperti universitas atau sekolah
2. Lokasi berada di pusat keramaian
3. Lokasi berada ditengah kawasan penduduk
Lokasi yang diprioritaskan terdapat pada daerah bogor dengan pertimbangan :
1. Lokasi belum ada warnet dalam radius 2 KM.
2. Lokasi dekat dengan perguruan tinggi atau kantor.
3. Di sekitar lokasi terdapat beberapa sekolah.
4. Lokasi berada pada perumahan penduduk
IV. Target Pelanggan
Target pelanggan warnet ini adalah pelajar dan mahasiswa disekitarnya. Mereka adalah pengguna internet dalam frekwensi tinggi.

V. Jenis Usaha
Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan sumber daya manusia yang dimiliki adalah :
1. Warnet
2. Training internet lepas
3. Service komputer
4. Digital printing
5. Video shooting dan transfer VCD
6. Training komputer
7. Penjualan voucher pulsa
8. Dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan pasar dan kegiatan konsumen.

VI. Keunggulan Kami
Kami memiliki keunggulan antara lain :
1. Semua instalasi software, jaringan LAN, router dan proxy server dapat kami lakukan sendiri, dengan demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa pihak ketiga.
2. Kami sudah berpengalaman memberikan bantuan jasa konsultasi dan pekerjaan teknis untuk sekolah.
3. Kami juga sudah sangat sering mengadakan pelatihan internet dan website kepada pelajar dengan organisasi ekskul sekolah.

VII. Perangkat Keras dan Lunak
Perangkat keras yang akan digunakan dalan komputer dalam usaha ini adalah :
1. Computer Pentium 3 built up second sebanyak 10 unit, server Pentium 4 sebanyak 1 unit dan computer Pentium 4 untuk billing.
2. Perangkat jaringan.
3. Koneksi internet menggunakan wireless dengan kecepatan 64 kbps dengan rasio 1 : 1.
4. System operasi yang akan digunakan adalah windows seven atau sejenisnya.
VIII.Modal dan Laba
Modal yang kami butuhkan untuk mendirikan warnet ini dan biaya operasional selama 1 bulan pertama adalah Rp. 55.000.000,- dengan perkiraan laba bersih minimal Rp. 6.000.000,- perbulannya.
Sedangkan modal untuk usaha selain warnet adalah mengambil dari beberapa sumber antara lain:
1. Penambahan modal oleh pemodal.
2. Keuntungan bulanan pemodal,bila pengelola ingin ikut menambah investasi.
3. Keuntungan bulanan pengelola, bila pengelola ingin ikut menanam saham.
4. Dari pemodal lain yang ingin ikut andil dalam menanamkan saham.
IX. Pembagian Hasil
Prosentase pembagian hasil yang kami tawarkan adalah 40% untuk pemodal dan 60% untuk pengelola, dengan demikian pemodal diperkirakan akan mendapatkan keuntungan sedikitnya Rp. 2.400.000,- perbulan. Dengan demikian diperkirakan pemodal akan kembali modal paling lama 24 bulan.
X. Biaya Penyusutan
Pada perinsipnya jumlah asset pemodal adalah sama baik saat pendirian usaha maupun pada tahun ke 1, ke 2, dst. Karena kami menganggarkan biaya penyusutan sebesar 2,5% perbulan dari semua aset milik pemodal sehingga total asset pemodal tetap walaupun harga barang menjadi susut atau rusak.
XI. Surat Perjanjian.
Demi keamanan investasi, kami menawarkan surat perjanjian yang ditandatangani oleh pemodal dan pengelola dan dibubui materai secukupnya agar mempunyai kekuatan hukum.
XII. Strategi Promosi
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
1. Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
2. Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.
XIII.Penutup
Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...