INGIN FILENYA?
DATANG AJA KE SOLNET! TENTUNYA LEBIH MURAH DARI WARNET MANAPUN
DATANG AJA KE SOLNET! TENTUNYA LEBIH MURAH DARI WARNET MANAPUN
LOKASI
SEBELAH SELATAN MASJID AL-HUDA
Memperluas
wawasan dapat dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan ilmiah. Misalnya
seminar atau karya wisata. Sebelum melaksanakan suatu kegiatan, sbeaiknya
membuat proposal terlebih dahulu.
Proposal adalah usulan untuk melakukan suatu kegiatan.
Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan. Ada beberapa hal yang biasanya di detailkan dalam proposal bisnis:
1. Penjabaran mendetail mengenai tujuan utama dari si penulis kepada pembacanya.
2. Penjabaran mendetail mengenai proses bagaimana mencapai tujuan si penulis kepada pembacanya.
3. Penjabaran mendetail mengenai hasil dari proses yang telah dijabarkan diatas sehingga mencapai tujuan yang diinginkan oleh si penulis dan juga si pembaca.
Proposal adalah usulan untuk melakukan suatu kegiatan.
Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan. Ada beberapa hal yang biasanya di detailkan dalam proposal bisnis:
1. Penjabaran mendetail mengenai tujuan utama dari si penulis kepada pembacanya.
2. Penjabaran mendetail mengenai proses bagaimana mencapai tujuan si penulis kepada pembacanya.
3. Penjabaran mendetail mengenai hasil dari proses yang telah dijabarkan diatas sehingga mencapai tujuan yang diinginkan oleh si penulis dan juga si pembaca.
Dalam
setiap usaha, apa pun jenisnya, tentu melibatkan modal. Modal ini dapat kita
kumpulkan dari simpanan pribadi, meminjam dari bank atau lembaga pemberi
pinjaman lain, atau patungan dengan partner. Jika kita berniat untuk meminjam
ke bank atau pihak pemberi pinjaman, Anda tentu harus membuat proposal usaha.
Proposal ini akan digunakan untuk memberi informasi menyeluruh tentang usaha
yang ingin Anda jalankan. Orang biasanya berpikir, membuat proposal pasti
sulit. Ternyata tidak juga. "Sebuah proposal yang baik adalah proposal
yang mampu menjelaskan secara detail sebuah usaha. Tidak harus ribet. Bisa saja
sebuah proposal hanya terdiri atas satu lembar kertas," ungkap Godo
Tjahjono, SE, MSi, praktisi bisnis wirausaha.
Tidak
semua orang tahu atau mengenal bidang usaha yang jadi minat Anda. Jadi buatlah
penjelasan-penjelasan yang sederhana dan mudah dimengerti. Proposal usaha
sebaiknya memuat tujuh hal berikut ini:
1.
Gambaran usaha
Poin ini memuat penjelasan secara singkat mengenai usaha yang hendak Anda jalankan.
2. Pelaku usaha
Beri penjelasan tentang diri Anda. Masukkan latar belakang pendidikan atau pengalaman yang bisa menunjang pelaksanaan usaha. Pemberi pinjaman akan menganggap Anda adalah orang yang tepat.
3. Apa yang diusahakan
Poin ini menjelaskan apa yang menjadi fokus usaha Anda, apakah berbentuk barang atau jasa. Beri tahu alasan pemilihan usaha tersebut. Akan lebih baik jika jenis usahanya memang sedang naik daun atau yang tak lekang dimakan waktu.
4. Target pelanggan
Poin ini menjabarkan siapa calon pelanggan potensial Anda, apakah mereka pegawai kantor, ibu rumah tangga, atau yang lainnya. Jelaskan mengapa Anda memilih mereka.
Sebaiknya Anda memiliki pemahaman yang mendalam soal ini karena hal tersebut akan sangat membantu aspek-aspek usaha yang lainnya. Anda jadi tahu bagaimana cara pemasaran dan promosi yang paling tepat untuk mereka. Tidak akan ada waktu, uang, dan tenaga yang terbuang percuma. Pihak yang memberi pinjaman akan melihat keseriusan Anda, dan menganggapnya sebuah kelebihan.
5. Lokasi
Ini adalah salah satu poin penting dalam proposal. Jelaskan mengapa Anda memilih suatu lokasi sebagai tempat menjalankan usaha. Sebaiknya Anda menyesuaikan lokasi ini dengan barang atau jasa yang ditawarkan serta calon pelanggan.
Kalau bergerak dalam bidang makanan, sangat tidak tepat rasanya bila lokasi yang dipilih adalah yang dekat dengan tempat pembuangan sampah. Bila menargetkan pelanggan dari kalangan menengah ke atas, jangan pilih lokasi yang dekat pabrik. Harus yang lebih nyaman dan berkelas.
Pemberi pinjaman akan datang untuk melihat langsung lokasi itu, dan melakukan penilaian. Jika usaha terletak di tempat yang kurang strategis, tapi masih dalam batas kewajaran, yakinkan pemberi usaha bahwa Anda bisa mengimbangi kekurangan ini dengan cara-cara lain. Bisa pelayanannya yang memuaskan, atau kualitas barang atau jasanya yang di atas rata-rata.
Segi pemasaran juga bisa dioptimalkan dengan menciptakan slogan yang menarik dan mudah diingat.
6. Jumlah pinjaman
Sebelumnya Anda harus sudah menghitung semua poin pengeluaran. Dalam proposal, cantumkan jumlah pinjaman yang sesuai dengan perhitungan yang Anda buat. Pihak bank akan menanyakan kemampuan Anda mengembalikan jumlah pinjaman itu. Berilah penjelasan yang masuk akal.
7. Arus kas
Arus kas (cash flow) adalah penjabaran rencana pemasukan dan pengeluaran usaha. Buatlah perhitungan secara rinci dan realistis. Jangan menetapkan target terlalu muluk di bulan-bulan awal karena usaha baru saja dimulai. Setelah beberapa waktu, baru Anda bisa menargetkan pemasukan yang jumlahnya stabil.
Panjangnya arus kas sebaiknya dibuat sesuai dengan lamanya waktu pinjaman yang disepakati. Bila pinjaman akan berlangsung selama dua tahun, aturlah arus kas selama dua tahun juga. Perinciannya dibagi dalam 24 bulan.
Satu prinsip yang perlu diingat para calon pebisnis, pemberi pinjaman biasanya tidak mau menanggung seluruh biaya yang kita butuhkan. "Mereka hanya mau memberi pinjaman sekian persen dari total. Mereka ingin kita juga berkontribusi," ungkap Godo.
Jadi, tunjukkan bahwa Anda juga memiliki tanggung jawab atas usaha Anda sendiri. Tidak masalah jika dana yang Anda miliki sedikit. Yang penting mereka melihat niat baik Anda untuk berusaha.
Poin ini memuat penjelasan secara singkat mengenai usaha yang hendak Anda jalankan.
2. Pelaku usaha
Beri penjelasan tentang diri Anda. Masukkan latar belakang pendidikan atau pengalaman yang bisa menunjang pelaksanaan usaha. Pemberi pinjaman akan menganggap Anda adalah orang yang tepat.
3. Apa yang diusahakan
Poin ini menjelaskan apa yang menjadi fokus usaha Anda, apakah berbentuk barang atau jasa. Beri tahu alasan pemilihan usaha tersebut. Akan lebih baik jika jenis usahanya memang sedang naik daun atau yang tak lekang dimakan waktu.
4. Target pelanggan
Poin ini menjabarkan siapa calon pelanggan potensial Anda, apakah mereka pegawai kantor, ibu rumah tangga, atau yang lainnya. Jelaskan mengapa Anda memilih mereka.
Sebaiknya Anda memiliki pemahaman yang mendalam soal ini karena hal tersebut akan sangat membantu aspek-aspek usaha yang lainnya. Anda jadi tahu bagaimana cara pemasaran dan promosi yang paling tepat untuk mereka. Tidak akan ada waktu, uang, dan tenaga yang terbuang percuma. Pihak yang memberi pinjaman akan melihat keseriusan Anda, dan menganggapnya sebuah kelebihan.
5. Lokasi
Ini adalah salah satu poin penting dalam proposal. Jelaskan mengapa Anda memilih suatu lokasi sebagai tempat menjalankan usaha. Sebaiknya Anda menyesuaikan lokasi ini dengan barang atau jasa yang ditawarkan serta calon pelanggan.
Kalau bergerak dalam bidang makanan, sangat tidak tepat rasanya bila lokasi yang dipilih adalah yang dekat dengan tempat pembuangan sampah. Bila menargetkan pelanggan dari kalangan menengah ke atas, jangan pilih lokasi yang dekat pabrik. Harus yang lebih nyaman dan berkelas.
Pemberi pinjaman akan datang untuk melihat langsung lokasi itu, dan melakukan penilaian. Jika usaha terletak di tempat yang kurang strategis, tapi masih dalam batas kewajaran, yakinkan pemberi usaha bahwa Anda bisa mengimbangi kekurangan ini dengan cara-cara lain. Bisa pelayanannya yang memuaskan, atau kualitas barang atau jasanya yang di atas rata-rata.
Segi pemasaran juga bisa dioptimalkan dengan menciptakan slogan yang menarik dan mudah diingat.
6. Jumlah pinjaman
Sebelumnya Anda harus sudah menghitung semua poin pengeluaran. Dalam proposal, cantumkan jumlah pinjaman yang sesuai dengan perhitungan yang Anda buat. Pihak bank akan menanyakan kemampuan Anda mengembalikan jumlah pinjaman itu. Berilah penjelasan yang masuk akal.
7. Arus kas
Arus kas (cash flow) adalah penjabaran rencana pemasukan dan pengeluaran usaha. Buatlah perhitungan secara rinci dan realistis. Jangan menetapkan target terlalu muluk di bulan-bulan awal karena usaha baru saja dimulai. Setelah beberapa waktu, baru Anda bisa menargetkan pemasukan yang jumlahnya stabil.
Panjangnya arus kas sebaiknya dibuat sesuai dengan lamanya waktu pinjaman yang disepakati. Bila pinjaman akan berlangsung selama dua tahun, aturlah arus kas selama dua tahun juga. Perinciannya dibagi dalam 24 bulan.
Satu prinsip yang perlu diingat para calon pebisnis, pemberi pinjaman biasanya tidak mau menanggung seluruh biaya yang kita butuhkan. "Mereka hanya mau memberi pinjaman sekian persen dari total. Mereka ingin kita juga berkontribusi," ungkap Godo.
Jadi, tunjukkan bahwa Anda juga memiliki tanggung jawab atas usaha Anda sendiri. Tidak masalah jika dana yang Anda miliki sedikit. Yang penting mereka melihat niat baik Anda untuk berusaha.
Ketika
melakukan penyusunan proposal usaha, syarat utama harus dimiliki adalah
memiliki informasi yang cukup tentang hal hal yang berkaitan dengan bidang yang
sedang digarap. Informasi yang aftual dan fakta harus dimiliki agar didalam
penyusunan proposal usaha tidak ketinggalan jaman. Penyusun proposal harus
mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan pada bidang usaha yang akan atau
sedang dijalankan. Disisi lain harus pula diketahui tentang titik kelemahan apa
saja yang melingkari usaha tersebut. Unsur unsure kekuatan, kelemahan, peluang,
ancaman harus diperhatikan betul karena didalam praktiknya pasyilah dihadapi
secara nyata.
Perhatikan
petunjuk berikut ini ketika akan menuyusun sebuah proposal usaha:
a. Halaman depan
Dicantumkan nama dan alamat usaha serta nama orang yang paling bertanggung jawab pada bidang usaha tersebut.
a. Halaman depan
Dicantumkan nama dan alamat usaha serta nama orang yang paling bertanggung jawab pada bidang usaha tersebut.
b. Daftar isi
Berisi kerangko proposal usaha, dilengkapi halaman.
c. Penjelasan proposal
Berisi strategi perusahaan dan tim manajemen pengelola usaha daam upaya mengembangkan usaha
d. Pemasaran
Berisi penjelasan tentang pangsa pasa yang dituju, peluang pasar yang tersedia dan berbagai upaya dan strategi untuk mencapai target pemasaran pada waktu mendatang.
e. Produk yang dihasilkan
Pada bagian ini berisi penjelasan tentang kualitas barang atau jasa yang dijual, kuantitas, kegunaan, keistemawaan barang atau jasa yang dihasilkan.
f. Grafik peningkatan omzet
Dalam bagian ini djelaskan tentang teknik promosi yang akan dan telah dilakukan, tenaga penjualan, tempat-tempat untuk pemasaran produk.
g. Modal kerja
Berisi penjelasan tentang rencana masuknya sumber pendanaan bagi bergulirna roda usaha, neraca awal perusahaan, aliran kas dan segi pendapatan perusahaan.
h. Apendiks
Berisi segala keterangan yang diperlukan untuk melengkapi isi proposal seperti akte pendirian, SIUP, Amdal, Sertifikat usaha danl lainya.
I.Pendahuluan
Sekarang
zaman globalisasi menjadi semakin maju ini dan perekonomian Negara sangat jauh
tertinggal. Sudah banyak perkembangan zaman yang harus kita ikuti. Salah
satunya adalah mengoperasikan internet. internet sangat berguna bagi masyarakat
sehingga masyarakat dapat mengetahui dengan mudah perkembangan zaman dan dapat
mempelajari sesuatu menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Maka dari itu untuk
membantu masyarakat kami ingin membuka usaha warung internet ini di berbagai
daerah. Kami dari lulusan IT computer gunadharma ingin mengaplikasikan apa yg
telah kami pelajari selama ini di universitas gunadharma dengan menggabungkan
kemampuan kami untuk membuka usaha yg dpat membantu masyarakat dan juga
memperbaiki Negara kita ini dengan menggunakan sumber daya manusia yang
berkualitas dan berpengalaman dibidangnya masing – masing. Dengan ini maka kami
ingin agar masyarakat dari pelajar hingga orang tua dapat mengoperasikan
internet sehingga dapat menguntungkan diri sendiri dan orang lain, selain itu
secara langsung juga dapat membantu perekonomian Negara.
Usaha
yang akan dikembangkan diberi nama “indo –
Net” dengan badan usaha berbentuk CV yang didaftarkan ke notaris sehingga
memiliki badan hukum yang tetap.
III.Rencana Lokasi Usaha
Rencana
lokasi usaha akan di tempatkan di daerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
1.
Lokasi dekat dengan kawasan
kantor dan pendidikan seperti universitas atau sekolah
2.
Lokasi berada di pusat
keramaian
3.
Lokasi berada ditengah
kawasan penduduk
Lokasi
yang diprioritaskan terdapat pada daerah bogor dengan pertimbangan :
1.
Lokasi belum ada warnet
dalam radius 2 KM.
2.
Lokasi dekat dengan
perguruan tinggi atau kantor.
3.
Di sekitar lokasi terdapat
beberapa sekolah.
4.
Lokasi berada pada perumahan
penduduk
IV. Target Pelanggan
Target
pelanggan warnet ini adalah pelajar dan mahasiswa disekitarnya. Mereka adalah
pengguna internet dalam frekwensi tinggi.
Jenis
usaha yang direncanakan sesuai dengan sumber daya manusia yang dimiliki adalah
:
1.
Warnet
2.
Training internet lepas
3.
Service komputer
4.
Digital printing
5.
Video shooting dan transfer
VCD
6.
Training komputer
7.
Penjualan voucher pulsa
8.
Dan lain sebagainya, sesuai
dengan kebutuhan pasar dan kegiatan konsumen.
Kami
memiliki keunggulan antara lain :
1.
Semua instalasi software,
jaringan LAN, router dan proxy server dapat kami lakukan sendiri, dengan
demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa pihak ketiga.
2.
Kami sudah berpengalaman
memberikan bantuan jasa konsultasi dan pekerjaan teknis untuk sekolah.
3.
Kami juga sudah sangat
sering mengadakan pelatihan internet dan website kepada pelajar dengan
organisasi ekskul sekolah.
Perangkat
keras yang akan digunakan dalan komputer dalam usaha ini adalah :
1.
Computer Pentium 3 built up
second sebanyak 10 unit, server Pentium 4 sebanyak 1 unit dan computer Pentium
4 untuk billing.
2.
Perangkat jaringan.
3.
Koneksi internet menggunakan
wireless dengan kecepatan 64 kbps dengan rasio 1 : 1.
4.
System operasi yang akan
digunakan adalah windows seven atau sejenisnya.
VIII.Modal dan Laba
Modal
yang kami butuhkan untuk mendirikan warnet ini dan biaya operasional selama 1
bulan pertama adalah Rp. 55.000.000,- dengan perkiraan laba bersih minimal Rp.
6.000.000,- perbulannya.
Sedangkan
modal untuk usaha selain warnet adalah mengambil dari beberapa sumber antara
lain:
1.
Penambahan modal oleh
pemodal.
2.
Keuntungan bulanan
pemodal,bila pengelola ingin ikut menambah investasi.
3.
Keuntungan bulanan
pengelola, bila pengelola ingin ikut menanam saham.
4.
Dari pemodal lain yang ingin
ikut andil dalam menanamkan saham.
IX. Pembagian Hasil
Prosentase
pembagian hasil yang kami tawarkan adalah 40% untuk pemodal dan 60% untuk
pengelola, dengan demikian pemodal diperkirakan akan mendapatkan keuntungan
sedikitnya Rp. 2.400.000,- perbulan. Dengan demikian diperkirakan pemodal akan kembali
modal paling lama 24 bulan.
X. Biaya Penyusutan
Pada
perinsipnya jumlah asset pemodal adalah sama baik saat pendirian usaha maupun
pada tahun ke 1, ke 2, dst. Karena kami menganggarkan biaya penyusutan sebesar
2,5% perbulan dari semua aset milik pemodal sehingga total asset pemodal tetap
walaupun harga barang menjadi susut atau rusak.
XI. Surat Perjanjian.
Demi
keamanan investasi, kami menawarkan surat perjanjian yang ditandatangani oleh
pemodal dan pengelola dan dibubui materai secukupnya agar mempunyai kekuatan
hukum.
XII. Strategi PromosiStrategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
1. Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam
rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
2. Kami akan menjalankan kembali
organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun
mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan strategi ini, kami
menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini,
aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.
XIII.Penutup
Demikian
proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam
mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi
Indonesia. Terimakasih.
{ 0 comments... read them below or add one }
Post a Comment