Selamat Datang

Welcome to my blog

Mohon Do'a ya!

Yen wani ojo wedi-wedi, yen wedi ojo wani-wani

Sepeda Tertua di Dunia

Posted by Yusuf lubistoro (Brojogeni) on Sunday, March 4, 2012

Apakah Anda tahu sepeda tertua di dunia? Banyak pihak yang mengklaim sepeda paling lama di dunia. Namun, klaim pertama muncul pada jaman 1493. Sepeda itu terpampang di jendela Gereja di Stoke Poges. Seperti apakah bentuk sepeda itu? Sepeda itu menunjukkan malaikat telanjang yang sedang menggunakan perangkat sepeda. Ini didasarkan sketsa pada 1493 yang diperkirakan milik Gian Giacomo Caprotti atau terkenal dengan nama Salaino yang berarti setan, murid dari Leonardo da Vinci.

Banyak pihak yang meragukan keaslian sketsa tersebut, namun banyak pengamat yang mengagungkan teori ini. Bagaimanapun, keaslian sketsa sepeda itu masih dipelihara dengan teguh oleh pengikut Profesor Augusto Marinoni, seorang ahli bahasa dan filogi. Ia dipercaya oleh Commisione Vinciana of Rome untuk menganalisis transkrip Codex Atlanticus milik Leonardo da Vinci.
Ada pula pengakuan Baron Karl van Drais asal Jerman pada tahun 1817 yang memperkenalkan Laufmashine atau sepeda berlari. Kini, masyarakat lebih mengenal sepeda itu dengan nama Draisienne. Sepeda tersebut hampir sepenuhnya terbuat dari kayu. Meski memiliki stang buat kemudi, sepeda ini tidak memiliki pedal. Jadi, pola pergerakan Draisienne sama seperti otopet atau skateboard.
Mengenal sejarah sungguh mengagumkan. Bagaimana kebudayaan manusia yang dari jaman purbakala bisa berkembang sampai sekarang, semua itu berkat hikmat yang diberikan Tuhan ke dalam otak manusia untuk berkarya. Karena Tuhan kita sendiri adalah Pencipta yang paling mengagumkan.

http://www.solverradio.com/index.php?option=com_content&view=article&id=71&catid=25

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...