Selamat Datang

Welcome to my blog

Mohon Do'a ya!

Yen wani ojo wedi-wedi, yen wedi ojo wani-wani

SENAPAN SERBU KALASHNIKOV TERBARU

Posted by Yusuf lubistoro (Brojogeni) on Friday, March 23, 2012

Produsen terbesar senjata api rusia, JSC Izhmash, memperkenalkan model terbaru dari senapan serbu (assault rifle) generasi kelima Kalashnikov. Untuk sementara ini, senapan tersebut diberi nama AK-12. Pengembangan dan perakitan senjata serbu baru tersebut diprakarsai oleh kepala desainer Vladimir Zlobin, diselesaikan pada tahun 2011 lalu.

Secara resmi, pihak Kementerian Dalam Negeri Rusia telah meminta test eksploitasi atas AK-12 tersebut. JSC Izhmash (produsen) juga telah merespon dengan menyampaikan kesiapannya dalam hal memenuhi kebutuhan AK-12 untuk tentara Rusia. Perlu diketahui, dalam waktu dekat Departemen Pertahanan Rusia akan mempensiunkan penggunaan AK-47 pada militernya. Diharapkan, AK-12 dapat menjadi solusi yang tepat untuk menggantikannya.

"AK-12 sedang dikembangkan untuk tujuan ekspor. Namun juga memenuhi persyaratan dari Departemen Pertahanan Rusia, yang kementerian tersebutlah yang memiliki hak untuk pengadaan persenjataan baru. Jika ada pesanan, JSC Izhmash akan siap memenuhi kebutuhan AK-12 untuk Angkatan Bersenjata dan pasukan khusus dari federasi Rusia" kata layanan pers.

Untuk saat ini, test AK-12 masih dilakukan di markas sendiri. Tentang ada atau tidaknya perubahan konstruksi dan keergonomisan Ak-12 tersebut tergantung dari hasil test. "kami terus melakukan konsultasi dengan ahli-ahli yang kompeten dalam hal keefektifan dan kehandalan senapan serbu tersebut" kata Vladimir Zlobin, sang perancang senapan.

Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin adalah pejabat Rusia pertama yang telah melihat secara langsung Ak-12. Para desainernya telah berhasil meningkatkan parameter dari senapan. Mereka meningkatkan adaptasi senapan tersebut dalam hal perang modern dan tetap berhasil mempertahankan kualitas yang unik dari Kalashnikov itu yaitu : sederhana, handal dan biaya produksi yang rendah.

blog-apa-aja.blogspot.com
AK-12 Kalashnikov

Ak-12 memiliki konfigurasi yang klasik, konstruksi sederhana, moncong yang powerfull dan magazin yang besar. Para desainernya juga membuat AK-12 menjadi lebih ergonomis. Seperti kontrol senjata (kunci, selektor jenis tembakan, kait klip, kait baut) yang dapat digunakan hanya dengan satu tangan. Kedepannya, Ak-12 akan dibuat dalam dua model yaitu model Light (5.45x39mm, 5.56x45mm dan 7.62x39mm) yang memakai magazine varian-varian dari senapan AK yang terdahulu, juga magazine 60 round quad stack, dan model heavy (7,62 x51mm) yang menggunakan jenis magazine baru.

Picatinny Rails (Rel Picatinny) juga diintegrasikan dalam pembuatan Ak-12. Yang digunakan untuk integrasi dengan peralatan tambahan seperti : optik, collimating, night sights (modus malam), mexometer, peluncur granat, lampu, inidkator target dan peralatan lainnya. Dengan kelengkapan tersebut, Ak-12 menjadi senjata yang efektif dalam kondisi atau waktu apapun.

blog-apa-aja.blogspot.com
AK-12 Kalashnikov

Ak-12 juga berpopor lipat. Pegangan (operating rod) Ak-12 dapat dipasang di kiri atau di kanan yang menjadikan senjata tersebut juga nyaman dipakai orang oleh orang kidal. Fungsi terbaru dari Ak-12 adalah adanya 3 jenis tembakan yaitu : tembakan tunggal, tiga tembakan dan otomatis. Untuk meningkatkan efisiensi tembakan tunggal (single shoot), Ak-12 dilengkapi dengan peralatan optik yang lebih akurat. Model Ak-12 memang tidak cantik, bahkan dapat dikatakan jelek dan kuno, tapi memiliki semua fitur dari senapan serbu canggih dan tingkat ergonomis yang tinggi.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...