Selamat Datang

Welcome to my blog

Mohon Do'a ya!

Yen wani ojo wedi-wedi, yen wedi ojo wani-wani

SEJARAH SINGAPURA

Posted by Yusuf lubistoro (Brojogeni) on Sunday, March 25, 2012

Sir Stamford Raffles Statue in Singapore's Central Business DistrictPenjajahan Singapura

Penjajahan adalah proses hegemoni mengesankan oleh satu negara atas negara lain biasanya untuk motif profit. Keuntungan dibuat dengan mendirikan tempat-tempat perdagangan yang kuat dalam negara terjajah. Secara historis, pulau ini, Singapura, adalah sebuah desa nelayan Melayu.Terbukti tempat ini menjadi luar biasa bermanfaat untuk memancing karena terletak di mulut sungai Singapore. Ini terjadi sebelum pendudukan Eropa tetapi sekarang Singapura dikenal dengan jelas sebagai negara kota pulau. Banyak suku asli dan cerita rakyat hidup di daerah perbatasan pulau dan sungai . Sejarah menyatakan bahwa British East India Company yang dipimpin oleh Sir Stamford Raffles telah mendirikan sebuah tempat perdagangan di pulau yang menjadikan Singapura sebagai pusat komersial paling makmur pada tahun 1989. Kekuatan militer Singapura, di bawah British East India Company juga menjadi unggul . Kekuatan militer sebuah negara identik dengan kekuatan negara. Hal ini membuat Singapura sebagai pusat dari modernitas itu sendiri yang ditentukan melalui keberhasilan komersial dan kekutan militer. Secara berkelanjutan , Singapura dahulu merupakan inti dari hegemoni Inggris di Asia Tenggara.


Pos Perdagangan Singapura

Menempatkan pendirian sebuah pos perdagangan di Singapura, pulau ini menjadi salah satu pelabuhan terpenting di dunia. Campur tangan Kerajaan Inggris di semenanjung Melayu selama tahun 1920-an, mentransformasi Melayu menjadi produsen utama karet dan timah. Karet dan timah diekspor dari pulau Singapura. Hingga akhir abad ke-19 Singapura merupakan pusat administrasi bagi Malaya sampai kemudian Kuala Lumpur telah dinyatakan sebagai ibu kota Singapura. Pada tahun 1934, pemerintah Inggris mencabut kontrol hegemoni dari East India Company dan rute perdagangan menjadi mudah ditembus. Hal ini dimungkinkan oleh perjanjian yang tidak adil pada tahun 1842. Perjanjian yang tidak adil adalah istilah umum untuk berbagai jenis perjanjian yang ditandatangani oleh sejumlah negara Asia Timur seperti Cina, Jepang dan Korea dengan kekuasaan barat selama awal abad ke-20. Pada saat itu dalam sejarah negara Asia tidak dapat menahan tekanan militer yang dikenakan kepada mereka oleh kekuasaan asing seperti perjanjian yang tidak adil yang ditandatangani oleh negara-negara Asia yang mengalami kegagalan militer.
Kembali ke Atas


Singapura dan perdagangan-dunia

Pengenalan kapal uap sebagai alat transportasi barang; transportasi ini dibuat lebih cepat dan murah karena kapal uap memiliki kapasitas yang lebih besar daripada kapal layar. Hal ini merupakan faktor utama yang berkontribusi pada perdagangan yang pesat di Singapura. Pembukaan Terusan Suez secara dramatis berdampak pada perdagangan karena waktu perjalanan ke negara-negara tetangga seperti dari Eropa ke Asia sudah sangat berkurang yang menyebabkan meningkatnya peluang bagi perdagangan Singapura. Kegiatan komersial yang bermanfaat bagi Singapura merupakan jenis perdagangan yang memberi manfaat pada pedagang dengan keuntungan mengimpor dan mengekspor barang tanpa harus membayar bea impor, biasanya pada margin keuntungan. Keuntungan dari perdagangan yang dilakukan dapat dicapai karena kondisi perdagangan dan kepentinngan perdagangan. Misalnya permintaan dari rempah-rempah di Eropa digabungkan dengan akar perdagangan yang kuat Singapura membuatnya sebagai pos perdagangan penting. Singapura membuat keuntungan dengan melabel barang dengan lebih tinggi dari harga pasar yang dianggap lebih besar dari harga aslinya. Di Singapura Kontemporer bentuk perdagangan ini dan membuat keuntungan telah digantikan oleh bea cukai daerah yang mengadakan pungutan pajak pada berbagai macam barang.


Pemerintahan Inggris di Singapura

Meskipun ekonomi meledak namun otoritas Inggris tidak mendanai pulau. Sebagai akibat dari pelayanan kesehatan masyarakat yang sangat diabaikan dan rakyat Singapura terkena penyakit seperti kolera dan cacar kecil. Kekurangan gizi menjadi kekhawatiran terbesar di kalangan orang-orang dan merokok candu adalah kejahatan sosial yang lazim.

Penduduk meningkat secara drastis dan saat itu perdagangan Inggris tidak terpengaruh oleh pemerintahan tidak mengganggu masalah-masalah negara. Tidak perlu mengatakan bahwa keuntungan adalah satu-satunya motif dari penjajahan dan rezim penjajah. Mereka merendahkan budaya asli dan mengangkat adat budaya, masyarakat dan ekonomi mereka ke pemujaan dimana mereka tidak lagi memahami kesulitan dari masyarakat lokal yang terjajah di bawah peraturan yang hegemonis. Pemerintahan Inggris yang tidak efektif, pertumbuhan ekonomi dari koloni; Singapura adalah satu-satunya yang penting bagi mereka. Mereka tidak memahami bahasa dan kebiasaan dari masyarakat setempat dan hanya menjadi penjajah tanpa tertarik dalam mengurusi aparat negara dan membantu pembangunan masyarakat.

Essay yang dikarang oleh Dario Fo, 'kulit hitam dan topeng putih' mejelaskan bahwa penjajah tidak pernah membuat sejarah bagi negara yang dirampas , mereka selalu membuat dan mengagungkan sejarah negara mereka sendiri. Itu mungkin alasan mengapa sejarah begitu cair di dasarnya, setiap negara memiliki perspektif yang berbeda tentang potongan sejarah dan studi pendudukan kolonial bertujuan pada pencabutan perspektif sentris Eropa dalam sejarah dan melalui proses sastra para penulis mengadopsi, mengadaptasi dan memahami yang bertujuan untuk merekonstruksi sejarah dan melahirkan sudut yang seimbang bagi pembaca.

Peraturan Inggris dicabut pada tahun 1942 dan tentara kekaisaran Jepang menyerang Singapura. Sebagai konsekuensi koloni Inggris yang telah diduduki oleh Jepang manjadi pos peperangan Singapore yang didukung oleh penguasa militer yang unggul. Peperangan Singapura telah terjadi ketika kekaisaran Jepang menyerang Singapura. Singapura adalah sekutu dari negara-negara yang bertentangan dengan Poros bangsa-bangsa selama Perang Dunia II. Poros bangsa-bangsa yaitu Jepang, Jerman dan Italia. Singapura merupakan pangkalan militer Inggris dan diberi gelar 'gibraltar of the East'. Hal mengejutkan bahwa Jepang menjatuhkan rezim kekaisaran dan kolonial dalam 8-9 hari, yakni, 7 Februari 1942 hingga 15 Februari 1942. Peperangan Singapore adalah penyerahan terbesar dari militer British East India Company. Churchill berkomentar bahwa jatuhnya Singapura ke Jepang adalah bencana terbesar dalam sejarah Inggris.



Sejarah Modern Singapura

Pada tahun 1965 Singapura menjadi negara yang independen dan bergabung dalam Persemakmuran Bangsa-Bangsa pada 9 Agustus 1965. Belakangan, Singapura di tahun 1965 secara resmi menjadi bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa pada bulan September. Sejak, kemerdekaannya Singapura telah berhasil lolos dari belenggu hegemoni dan standar hidup mereka telah meningkat secara drastis.

Saat ini, Singapura berada di daftar teratas bagi wisatawan yang mencari surga di bumi. Investasi langsung asing meningkat dan peningkatan minat untuk memenuhi standar industri internasional telah merubah Singapura menjadi pusat daerah industri, pos perdagangan, pendidikan, urbanitas dan modernitas. Singapura hari ini membanggakan keunggulan fasilitasnya yang mengundang banyak orang datang dari berbagai negara dan dari semua jalan-jalan kehidupan. Perencanaan Industri dijabarkan ke dalam pelaksanaan oleh Albert Winsemius, ekonom Belanda dan Singapura meperoleh keuntungan dari perencanaan sosial dan ekonomi yang rapi. Berdasarkan peringkat GDP , Singapura adalah negara ke 5 termakmur di dunia. Untuk pertama kalinya dalam sejarah dana ekonomi Singapura telah diperas beberapa miliar dari cadangan resmi dengan izin Presiden sebagai bagian dari paket ketahanan pada 5 Februari 2009 di bawah bimbingan Menteri Keuangan Singapura, Tharman Shanmugaratnam. Cadangan resmi Singapura sendiri mencapai US $ 170,33 miliar. Menurut sebuah survei ekonomi Singapura menduduki peringkat 10 sebagai kota paling mahal untuk hidup di dunia. Ini adalah akibat dari penduduk yang dinamis dan kosmopolitan di Singapura yang hidup dalam keselarasan dan kekayaan dengan orang Cina lokal yang membentuk etnis mayoritas.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...