Selamat Datang

Welcome to my blog

Mohon Do'a ya!

Yen wani ojo wedi-wedi, yen wedi ojo wani-wani

MINUMAN BUATAN INDONESIA YANG DIEKSPOR

Posted by Yusuf lubistoro (Brojogeni) on Tuesday, March 27, 2012

Indonesia Banyak Ekspor Jus dan Minuman Rasa Buah JAKARTA. Jenis produk minuman Indonesia yang banyak diekspor adalah produk minuman jus dan minuman dengan rasa buah. Sementara produk jenis ini ongkos produksinya lebih mahal ketimbang negara lain. Alasannya, selain bahan baku buahnya lebih mahal, harga bahan baku pendukung seperti gula juga lebih mahal ketimbang negara lain.

"Ini membuat harga jus buah buatan Indonesia lebih mahal dibanding negara lain seperti Australia dan Amerika Serikat," ungkap Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman.

Itu sebabnya, kinerja ekspor minuman per April 2010 masih loyo. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan selama Januari hingga April 2010 ini ekspor minuman tercatat sebesar US$ 18,55 juta naik 4% ketimbang periode yang sama tahun lalu yang sebesar US$ 17,85 juta. Padahal, pada periode yang sama, ekspor makanan olahan mencapai US$ 111,15 juta atau naik 58% ketimbang empat bulan pertama tahun 2009 lalu.

Untuk bisa meningkatkan pertumbuhan ekspor minuman, Indonesia bisa meningkatkan jenis produk yang tidak banyak diproduksi oleh negara lain. "Salah satunya adalah jus sirsak, karena minuman ini tidak diproduksi di negara lain." ujarnya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...