Selamat Datang

Welcome to my blog

Mohon Do'a ya!

Yen wani ojo wedi-wedi, yen wedi ojo wani-wani

FAKTA SEBENARNYA JEJARING SOSIAL SALINGSAPA

Posted by Yusuf lubistoro (Brojogeni) on Thursday, April 26, 2012



Muhammad Yahya Harlan, siswa SMP kelas satu Sekolah Alam Bandung, Jawa Barat, merupakan pencipta situs jejaring sosial yang mirip seperti Facebook, yang diberi nama SalingSapa.com (SS). Situs Salingsapa.com dilengkapi  fitur-fitur islami mulai dari mengaji sampai mendengarkan ceramah. Di fitur Khazanah, user bisa mendengarkan ceramah-ceramah dari banyak ustad. Sedangkan di fitur Al-Quran, user bisa membaca Al-Qurang dari Juz 1 sampai 10, lengkap juga dengan terjemahannya, atau hanya untuk mendengarkan ayat-ayat Al-Quran. Ada fasilitas lainya seperti fitur radio yang bisa diperdengarkan selama 24 jam, juga fitur-fitur lainnya yang hampir sama dengan jejaring sosial umumnya seperti wall (dinding), news feed, foto, teman, dan lain-lain.
Namun, di balik itu, situs SalingSapa.com memiliki sejumlah kelemahan. Menurut Yahya, kelemahan SalingSapa.com diantaranya kemampuan server untuk menampung banyaknya data masih dianggap belum cukup kuat sehingga terkadang mengakibatkan loading situs lama, bahkan down atau tidak bisa diakses. Selain itu, kekurangan berasal dari komunitas Script Jcow yang digunakan di SalingSapa.com.
Content Management System (CMS) Jcow adalah salah satu dari sekian banyak script jejaring sosial yang dijual pembuatnya. Agar CMS tersebut laku, maka sejumlah CMS Social Network ini pun juga merilis versi Open Source atau Gratis.
Kelebihan CMS Jcow:
1. Sangat Simple dan Mudah di Instal.
2. Total File sangat Ringan (tidak sampai 1 Mb)
3. Fitur sangat mirip Facebook (Ada chat antar members, Photo,Button Like, Music, Video Youtube, dll.
4. Jika Server besar maka Loading sangat Cepat.
Kekurangan:
1. Notifikasi tidak full ( Jika si A berkomentar di wall si B, maka si B tidak menerima notifikasi. Namun si A akan selalu menerima notifikasi dari si B maupun member lain. Begitu juga sebaliknya)
2. Aplikasi Chatting masih sangat sederhana. Jika members berkomunikasi maka akan sangat lambat.
3. Database sering error. Jcow CMS menampung semua data melalui query Database. Semakin banyak pengakses Jcow maka server akan lambat dan akan membuat database sering error.
4. Untuk fitur andalan seperti Versi mobile, Group, Page harus membeli Jcow SCript Profesional atau membeli satu-satu script tersebut.
Untuk itu, menurut komunitas tersebut berharap Salingsapa.com bisa menangani masalah Jcow ini karena  pembuat jcow juga sampai saat ini masih berusaha menemukan problem tersebut.

Sumber : http://www.beritanet.com/Technology/Opensource/Indonesia-SalingSapa.html

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...