Selamat Datang

Welcome to my blog

Mohon Do'a ya!

Yen wani ojo wedi-wedi, yen wedi ojo wani-wani

PERBEDAAN PEUGOT 206, 306 DAN 406

Posted by Yusuf lubistoro (Brojogeni) on Tuesday, August 7, 2012






 

Peugeot 306 ST 1.8  photos

Type : L
Doors : 4
Places : 5
Disposition of cylinders : R4
Disposition of engine : Fq
Volume : 1762
Diameter of cylinder : 83,0 x 81,4
Degree of compression : 9,2
Valves : 2
Disposition of shaft : ohc
Power supply system : EM
Pressurization : -
Power PS (kW) : 101(74)/6000
Torque : 153/3000
Type of drive : F
Transmission manual : 5
Transmission automatic : 4
Front suspension : QL,FB,QS
Rear suspension : LL,DS,QS
Hydro : +
Break : Si/T
ABS : o
Tyre pressures : 185/60 R 14 H
Wheelbase, mm : 2580
Track : 1454/1429
Size Length x Width x Height: 4232 x 1689 x 1386
Mass equipped : 1100
Mass full : 1625
Volume of trunk : 463
Mass of trailer : 1000
Volume of tank : 60
Dispersial 0-100 km/h : 12,2
Max speed : 185
Cost of fuel 100 km : 8,0
Fuel : Sb
 
Ulasan:

Memperluas kelasnya di pasaran, Peugeot mengeluarkan tipe 306 pada 1996. Dimensinya lebih kecil dari 405 yang lebih dulu ada. Menurut tahun keluarnya, 306 terbagi 3 versi : N3, N5 dan MY2000 dengan varian ST dan LeMans pada N3 dan N5 sedangkan MY2000 cuma 1 trim saja yaitu manual Full Option

Salah satu keunggulan 306 adalah kemampuan ban belakang bertoleransi sebanyak 5 derajat (toe) saat menikung dengan kecepatan tinggi secara elektris

KEY HISTORY :
1996-1997 :
- Tipe Bodi N3
- Mesin XU7JP 1.8L 8 valve low compress
- Tidak ada Catalytic Converter
- varian ST dan LeMans => bedanya klo LeMans dilengkapi velg alloy, jok kulit, fog lamp, side skirt, setir 3 spoke
- design bumper masih agak "jadul"
- Tidak ada tempat foglamp (ST)
- Foglamp kotak
- bentuk lampu belakang mengikuti 405 (merah melengkung di atas/abu2 di bawah)

1997-2000 :
- tipe bodi : N5
- varian ST dan LeMans
- Mesin XU7J4P 1.8L 16 valve high compress
- Grill tanpa kisi2 dengan logo singa yg lebih besar
- desain bumper lebih modern
- ada tempat foglamp depan (ST)
- foglamp lebih membulat
- Lampu belakang sudah mengikuti design lampu belakang 406 (merah dibawah/abu2 di atas)

2000-2004 awal :
-sebutan : MY2000
-varian cuma manual tapi full option
- bedanya dengan generasi sebelumnya : lampu depan kristal sipit, foglamp bulat, design bumper depan, lampu belakang ada garnish chrome di tengah, dual airbag, rain sensor









Merk: Peugeot 206
Model: Hatchback (XR,XT, 1,8GTI, Coupe Cabriolet ), Sedan dan Station Wagon
Transmisi: Manual dan automatic (Triptonic)
Tahun Pembuatan: Pertama kali diproduksi tahun1998-2010
Harga Baru Di faktur harga tahun 2003 (CBU): 180 jt
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): mulai dari 60jt-100jt

Spesifikasi Kendaraan: (Hasil Googling dan brosur)
Variant1.4 16v x-line 5-door
Dimensions :
Length 3,822 m
Height 1,433m
Width1,652-1,673

Engine and Gearbox
ENGINE (1.4 or 1.6)
Cylinders 4
Cubic capacity (cc) 1360 or 1587
Bore x Stroke (mm) 75 x 77 or 78.5 x 82
Number of valves 8 16
Maximum power kW @ rpm 55 @ 5500 or 80 @ 5800
Maximum torque Nm @ rpm 120 @ 2800 or 147 @ 4000
Induction

TRANSMISSION
5 speed manual
4 speed Tiptronic auto

WHEELS AND TYRES
Size 165/85/14, 175/65 R14, 195/55 R15
Wheel Type 14″ steel 15″ steel

FUEL TANK
Capacity (litres) 50

BRAKES
Solid front discs ..
Ventilated front discs ..
Rear drum ..
ABS with Electronic Brake Force Distributon (EBFD) .. ..
Emergency Brake Assist .. ..

STEERING
Power assistance .. ..
Speed sensitive power assistance
Turns lock to lock 3
Turning circle between kerbs (m) 9.85

PERFORMANCE
Maximum speed (km/h) 173 / 161 or 198 / 190
Acceleration 0-100 km/h (sec) 12.2 / 15.2 or 9.5 / 11.4
0-1000 m (sec) 34.1 / 36.4 or 31.0 / 32.8

Ulasan: Peugeot 206 masuk ke Indonesia tahun 2001 dengan model XR yang CBU. Nah untuk lebih lengkapnya sejarah Peugeot 206 di Indonesia adalah sbb:
ane ambil dari milis 206 di Yahoo
Positif:
-. Nyaman, walau Peugeot 206 bantingannya masih agak keras (karena memang diperuntukkan utk rally).
-.Lincah untuk perkotaan
-. Untuk mobil dengan tahun yang sama, harga second-nya relative murah
-. Spare Parts sudah banyak yang KW (aftermarket), produksi Perancis, Thailand atau China.
-. Modelnya gak mudah usang
-. Coating Cat body sangat bagus sehingga gak mudah gores dan pudar.
-. Body dan kaca juga lebih tebal sehingga kabin kedap
-. Biarpun kecil lari 130Kpj-180Kpj masih sangat stabil.
-. Irit bbm walaupun minimum RON92. (1:12 dalkot, ada yang pernah report sampai 1:15-1:18).
-. System elektriknya dan kelengkapan cukup advance jika dilihat mobil sekelas dizamannya.
(Immobilizer, anti-reflection mirror, electric correction headlamp, Multi-Instrument Display, service, oil and dipstick error Indicator display, auto-headlight dan auto-wiper/intermittent---varian tertentu, Parking sensor---type sporty )
-. Safety di semua hal, mulai dari rapid exit door, seatbelt dengan pre-tensioner sampai masalah baut2 dan klip2 pengaman disetiap parts yang penting.
-. Manual Repair, Haynes book dan parts catalog banyak bertebaran di internet.


Negatif:
-. Kaki2nya merupakan Jiwa mobil2 produksi Peugeot, namun karena kenyamannya kadang yang bawa maen sikat aja klo ada lobang, jadinya balljoint dkk sering aus.
-. Kopling untuk M/T cukup keras, tapi bisa diganti dengan merk after market yang bisa lebih lembut.
-. BBM minimal RON92
-. Susah cari aksesoris

Ringkasan:
Peugeot 206 adalah Peugeot sejuta umat, karena semenjak menjadi jawara di ajang WRC penjualan Peugeot 206 bak kacang goreng.
Perawatan yang katanya sulit ternyata tidak juga semenjak era informasi khususnya internet dan khususnya lagi Kaskus.us membuat semua informasi soal mobil ini menjadi mudah. Web dan forum juga banyak bertebaran di dunia maya. Web khusus yang membahas 206 diluar Perancis sendiri cukup banyak sebut saja www.206info.co.uk  danwww.206gti.net  merupakan web yang sangat detil membahas masalah 206, dan tentunya tidak kalah hebatnya dengan KPUT http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4288465 





Merk: Peugeot 406 Model: 4-door sedan & 2-door coupe Transmisi: MT 5-speed / AT 4-speed Tahun Pembuatan: 1996 - 1999 (D8), 2000 - 2005 (D9) Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 1997 AT Rp. 60.000.000 jt an Spesifikasi Kendaraan: 2.000cc (3.000 V6 di beberapa 2-door coupe), FWD, ABS, PS, PW, immobilizer (D9), 4 disc brake, 1 airbag D8, 2 airbag D9 CKD, 4 airbag D9 CBU, Leather seat + foglamp depan (Lemans), foglamp belakang, rear sun shade screen, AC with climate control (D9), MID (D9), Cruise Control (AT) 133 hp/99 kW (2L-XU10J4R), 134 hp/100 kW (2L-EW10J4R), 205 hp/152 kW(3L-ES9J4S) Ulasan: Peugeot 406 pertama kali keluar di Indonesia untuk ganttin seri lawas 405. Ukuran body 406 yang cukup panjang dan lebar bisa bersaing dgn serie 5 ataupun E-class pada jamannya... walaupun kelas aslinya di eropa untuk melawan E36 atopun C-class. Peugeot 406 yang masuk ke Indonesia masuk dengan trim medium level (udah PW 4-pintu, tapi blom full option) Tahun 2000 keluar Peugeot 406 Mk-2 (D9), dengan mesin sama XU10J4R tapi udah pake piston high-compression, Diamond cut headlamp, AC climate control, sedikit perbedaan di instrument cluster, dashboard, panel2 pintu. Juga beda bentuk di kap mesin dan bagasi. Teknologi yang lumayan "tinggi" pada jamannya (1997) dengan individual coil di mesin, catalyc converter, cruise control (AT only). Untuk yang D8 masih bisa dibilang "konvensional" elektrikalnya... sementara D9 untuk lebih "tinggi" kasta elektronik, udah disediain MID juga buat pengemudi Ada beberapa unit 406 2-door coupe di Indonesia... dari beberapa unit itu juga ada yang pake mesin V6 (dengan kelengkapan trim tertinggi), tapi udah ngga ada patokan harga (udah jadi collector item, coupe 2L tahun 2000 ada yang jual 250jt) Positif: - Nyaman tulen!!! - Harga second yang murah meriah - Untuk yang D8, masih OK pake premium - Sparepart udah tersedia KW-nya - Model yang bisa dibilang "long lasting" dan masih sedap dipandang Negatif: - Harga sparepart kaki2 (terutama Shock) yang cukup tinggi (SA ori dibuat oleh Pug langsung, bukan dioutsource ke brand2 SA tertentu) - Mesin XU10J4R (2L) kurang tenaga di putaran bawah - Kopling MT cukup keras untuk orang yang belum biasa - Untuk D9 minimal minum Pertamax Ringkasan: Mobil second yang murah meriah dengan kenyamanan dan fasilitas kelas atas... mungkin kurang cocok bagi tipe orang yang cuma bisa "make" mobil, tanpa memikirkan perawatan. Ruang kabin yang kedap & lega, bahkan untuk penumpang belakang dengan kondisi kursi depan mundur bangat, masih cukup untuk taro kaki dibelakang.... Bensin premium dapet 1:6,5 - 1:7,5 (rute kombinasi 50% tol, 50% macet), luar kota bisa dapet 1:12 (malah yang D9 bisa dapet 1:20 (tol terus) 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...