Selamat Datang

Welcome to my blog

Mohon Do'a ya!

Yen wani ojo wedi-wedi, yen wedi ojo wani-wani

ASAL USUL (LEGENDA) DESA KALIJAMBE

Posted by Yusuf lubistoro (Brojogeni) on Thursday, May 24, 2012

ASAL USUL DESA KALIJAMBE
            Desa kaljambe terjadi saat kerajaan mataram. Pada jaman dulu Batavia perang dengan belanda kemudian raja mataram memerintahkan kepada prajuritnya untuk membantu Batavia melawan belanda, pasukan dari mataram dipimpin oleh seorang prajurit yang bernama Branjang Kawat dengan modal persenjataan tradisional prajurit mataram tidak bisa mengalahkan belanda yang memakai senjata modern kemudian prajurit mataram mundur dari Batavia. Kemunduran prajurit mataram tidak berani pulang ke mataram karena takut kepada sang raja kemudian sang Branjang Kawat menysuri hutan pulang ke arah timur. Pada saat itu branjang kawat tidak jalan kaki namun naik seekor gajah.
            Dari sepanjang perjalanan gajah itu tidak mau makan dan minum, tapi di suatu tempat ada hutan yang terbentang sungai di lerengnya. Kemudian gajah itu baru mau minum. Karena kejadian yang aneh itu sang prajurit yang bernama Branjang Kawat memberikan nama tempat tersebut diatas dengan sebutan Kalijambe yang maknanya Kali Jah Mbe (bahasa jawa) yang maksudnya Sungai yang buat minum gajah.
            Kemudian saat sekarang sungai itu telah berubah dengan nama sungai Sragi karena terletak di wilayah kecamatan Sragi.

Inilah sekilas paparan asal-usul Desa Kalijabme yang diambil dari cerita turun menurun kakek moyang dan di Kalijambe punya keyakinan bahwa sang Branjang Kawat meninggal di Desa Kalijambe dan dimakamkan di Pemakaman Umum Desa Kalijambe dengan disebut makamMbah Brojogeni”.
INGIN FILENYA?
DATANG AJA KE SOLNET! TENTUNYA LEBIH MURAH DARI WARNET MANAPUN
LOKASI
SEBELAH SELATAN MASJID AL-HUDA

kalijambe terjadi pada saat kerajaan mataram kejadiannya sebagai berikut jaman dahulu ada batavia perang dengan belanda prajurit mataram yang bernama branjang tawa diperintahkan membantu batavia melawan belanda namun karena persenjataan belanda sangat modern dan prajurit mataram memakai senjata tradisional akhirnya kalah perang kemudian kembali ke tanah jawa tetapi karna perintah raja yang dialksanakan tidak membawakan buah hasil akhirnya sang prajurit tidak berani bilang kekerajaan dan menetap di hutan pada zaman itu sang prajurit naik gajah dan dalam perjalanan gajah itu tidak mau minum tapi saat masuk hutan dan disitu ada sebuah sungai akhirnya gajah itu mau minum karena kejadian aneh itu sang branjangtawa (nama prajurit itu ) memberikan nama tempat tersebut KALIJAMBE yang artinya sungai yang buat minum gajah.di  kalijambe  dibuatlah sebuah desa yang nyaman dan tentram dan diberi nama desa kalijambe.
the origins of the village Kalijambe
Kalijambe occurs when the following happened Mataram kingdom old days there batavia war with the Dutch soldier named branjang laughter Mataram was ordered to help batavia against the Dutch, but because the Dutch are very modern weaponry and soldiers wearing traditional weapons Mataram eventually lost the war, then returned to the land of Java, but because the command dialksanakan king did not bring the fruit of the end result soldiers do not dare say kekerajaan and settled in the forest at the time the soldier was on his way up the elephant and the elephant did not want to drink but when entering the forest and a river there is the elephant was going to end up drinking because of strange occurrences it's branjangtawa (the soldier's name) give the name of the place, which means river Kalijambe for drinking gajah.di Kalijambe made
​​a comfortable and peaceful village and the village named Kalijambe.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...